Senin, 10 Desember 2018

PROPOSAL DISCHARGE PLANNING


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
     Kemajuan IPTEK sangat mempengaruhi perkembangan ilmu keperawatan. Manajemen keperawatan merupakan prioritas utama dalam pengembangan keperawatan. Hal ini berkaitan  dengan tuntutan profesi dan tuntutan global bahwa setiap perkembangan dan perubahan memerlukan pengelolaan secara professional dengan memperhatikan setiap perubahan yang terjadi. Tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan keperawatan dirasakan sebagai fenomena yang harus direspons oleh perawat. Respon yang ada harus bersifat kondusif dan belajar banyak langkah-langkah konkrit dalam pelaksanaannya (Nursalam, 2002). Salah satunya adalah pada saat memberikan discharge planning
     Discharge planning sebagai proses mempersiapkan pasien untuk meninggalkan satu unit pelayanan kepada unit yang lain di dalam atau di luar suatu agen pelayanan kesehatan umum. Discharge planning yang efektif seharusnya mencakup pengkajian berkelanjutan untuk mendapatkan informasi yang komprehensif tentang kebutuhan pasien yang berubah-ubah, pernyataan diagnosa keperawatan, perencanaan untuk memastikan kebutuhan pasien sesuai dengan apa yang dilakukan oleh pemberi pelayanan kesehatan.Perencanaan pulang (discharge planning) diruang Ruang Marwah 1  RSU Haji Surabaya  sudah berjalan yang dilakukan oleh perawat. Namun, belum optimal karena dilakukan secara lisan tanpa ada ketersediaan leafleat.
Berdasarkan kondisi tersebut, maka mahasiswa Program Pendidikan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Surabaya akan melaksanakan roleplay tentang discharge planning pasien berdasarkan Konsep Asuhan Keperawatan Profesional di Ruang Marwah 1 RSU Haji Surabaya .




1.2       Tujuan
1.2.1    Tujuan Umum :
Setelah dilakukan roleplay discharge planning, mahasiswa mampu melaksanakan sesuai dengan kaidah penatalaksanaan discharge planning.

1.2.2        Tujuan Khusus :
a.    Mampu menyiapkan pasien dan keluarga yang akan pulang dari rumah sakit secara fisik, psikologis, dan sosial.
b.    Meningkatkan kemandirian pasien dan keluarga.
c.    Memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga tentang rencana tindakan keperawatn yang akan diberikan beserta rasionalnya.
d.   Membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta sikap dalam memperbaiki serta mempertahankan status kesehatan pasien maupun  keluarga
e.    Meningkatkan kepuasan pasien dan keluarga atas asuhan keperawatan yang diberikan.
f.     Meningkatkan kepatuhan pasien terhadap program terapi.

1.3              Manfaat
1.3.1        Bagi Perawat
a.       Perawat dapat membina hubungan saling percaya dengan pasien dan keluarga pasien.
b.       Meningkatkan komunikasi antara perawat dan pasien atau keluarganya.
c.    Memudahkan perawat untuk memantau dosis obat yang diminum oleh klien..
d.   Meningkatkan keperawatan yang berkelanjutan pada pasien.
1.3.2        Bagi Pasien
a.       Tercapainya kepuasan pasien yang optimal terhadap pelayanan keperawatan.
b.      Menurunkan tingkat kecemasan pasien maupun keluarga pasien.
c.       Meningkatkan kemandirian pasien dalam melakukan perawatan dirumah
d.      Membantu pasien memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam memperbaiki serta mempertahankan status kesehatan pasien.
1.3.3        Bagi Institusi
a.       Terciptanya model asuhan keperawatan professional, khususnya dalam hal pemberian discahrge planning pada pasien yang akan pulang
b.       Membantu mengembangkan asuhan keperawatan profesional dalam rangka meningkatkan asuhan keperawatan profesional yang akan datang.
c.       Meningkatkan kualitas asuhan keperawatan profesional sesuai dengan perkembangan jaman dan tuntutan masyarakat yang semakin maju dan berkembang.





BAB 2
TINJAUAN PUSTAKA

2.1.  Definisi Discharge Planning
     Kozier (2004) mendefinisikan discharge planning sebagai proses mempersiapkan pasien untuk meninggalkan satu unit pelayanan kepada unit yang lain di dalam atau di luar suatu agen pelayanan kesehatan umum. Discharge planning yang efektif seharusnya mencakup pengkajian berkelanjutan untuk mendapatkan informasi yang komprehensif tentang kebutuhan pasien yang berubah-ubah, pernyataan diagnosa keperawatan, perencanaan untuk memastikan kebutuhan pasien sesuai dengan apa yang dilakukan oleh pemberi pelayanan kesehatan.
     Sedangkan definisi discharge planning menurut Bull (2000) merupakan suatu proses interdisiplin yang menilai perlunya sebuah perawatan tindak lanjut dan seseorang untuk mengatur perawatan tindak lanjut tersebut kepada pasien, baik perawatan diri yang diberikan oleh anggota keluarga, perawatan dari tim profesional kesehatan atau kombinasi dari keduanya untuk meningkatkan dan mempercepat kesembuhan pasien.

2.2.            Tujuan Discharge Planning
                        Tujuan dari dilakukannya discharge planning sangat baik untuk kesembuhan dan pemulihan pasien pasca pulang dari rumah sakit. Menurut Nursalam (2011) tujuan discharge planning/perencanaan pulang antara lain sebagai berikut:
1.    Menyiapkan pasien dan keluarga secara fisik, psikologis, dan sosial
2.    Meningkatkan kemandirian pasien dan keluarga.
3.    Meningkatkan keperawatan yang berkelanjutan pada pasien.
4.    Membantu rujukan pasien pada sistem pelayanan yang lain
5.    Membantu pasien dan keluarga memiliki pengetahuan dan keterampilan serta sikap dalam memperbaiki serta mempertahankan status kesehatan pasien
6.    Melaksanakan rentang keperawatan antara rumah sakit dan masyarakat.
Di dalam perencanaan pulang, terdapat pemberian edukasi atau  discharge teaching dari tim kesehatan. Menurut William & Wilkins (2009) discharge teaching harus melibatkan keluarga pasien atau perawat lainnya untuk memastikan bahwa pasien mendapatkan home care yang tepat. Discharge teaching bertujuan agar pasien:
1.        Memahami mengenai penyakitnya
2.        Melakukan terapi obat secara efektif
3.        Mengikuti aturan diet secara hati-hati
4.        Mengatur level aktivitasnya
5.        Mengetahui tentang perawatan yang dilakukan
6.        Mengenali kebutuhan istirahatnya
7.        Mengetahui komplikasi yang mungkin dialami
8.        Mengetahui kapan mencari follow up care

2.3.            Manfaat Discharge Planning
Perencanaan pulang mempunyai manfaat antara lain sebagai berikut (Nursalam, 2011):
1.    Memberi kesempatan kepada pasien untuk mendapat panjaran selama di rumah sakit sehingga bisa dimanfaatkan sewaktu di rumah.
2.    Tindak lanjut yang sistematis yang digunakan untuk menjamin kontinutas keperawatan pasien.
3.    Mengevaluasi pengaruh dari intervensi yang terencana pada penyembuhan pasien dan mengidentifikasi kekambuhan atau kebutuhan keperawatan baru.
4.    Membantu  kemandirian pasien dalam kesiapan melakukan keperawatan rumah.
Sedangkan menurut Doengoes, Moorhouse & Murr (2007) banyak sekali manfaat yang didapatkan dari discharge planning, diantaranya adalah:
1.    Menurunkan jumlah kekambuhan
2.    Penurunan perawatan kembali ke rumah sakit dan kunjungan ke ruangan kedaruratan yang tidak perlu kecuali untuk beberapa diagnosa
3.    Membantu pasien untuk memahami kebutuhan setelah perawatan dan biaya pengobatan
4.    Setelah pasien dipulangkan, pasien dan keluarga dapat mengetahui apa yang telah dilaksanakan, apa yang harus dan tidak boleh dilakukan dan bagaimana mereka dapat meneruskan untuk meningkatkan status kesehatan pasien
5.    Ringkasan pulang dapat disampaikan oleh perawat praktisi atau perawat  home care dan mungkin dapat dikirim ke dokter yang terlibat untuk dimasukkan dalam catatan institusi untuk meningkatkan kesinambungan perawatan dengan kerja yang kontinu ke arah tujuan dan pemantauan kebutuhan.

2.4.            Prinsip Discharge Planning
Tingkat keberhasilan dari discharge planning serta penyembuhan pasien harus didukung terhadap adanya prinsi-prinsip yang mendasari, yang juga merupakan tahapan dari proses yang nantinya akan mengarah terhadap hasil yang diinginkan. Menurut Department of health (2004) dalam buku karya Liz Lees (2012) disebutkan ada beberapa prinsip dalam discharge planning, diantaranya adalah:
1.    Mempunyai pengetahuan yang spesifik terhadap suatu proses penyakit dan kondisinya
2.    Dapat memperkirakan berapa lama recovery pasien, serta perbaikan kondisi yang muncul dari proses penyembuhan tersebut
3.    Melibatkan serta selalu berkomunikasi dengan pasien, keluarga atau pengasuh dalam proses discharge planning
4.    Turut serta dalam menangani masalah dan kesulitan yang mungkin akan muncul terhadap pasien
5.    Melibatkan suatu proses dalam tim multidisiplin
6.    Selalu mengkomunikasikan rencana yang akan dilakukan dengan tim multidisiplin untuk menghindari adanya kesalahan
7.    Membuat suatu arahan yang tepat dan tindak lanjut yang sesuai dengan hasil
8.    Memiliki suatu koordinasi tim untuk tindak lanjut rencana perawatan berkelanjutan dan memiliki informasi tentang nama tim kesehatan yang bertanggung jawab untuk setiap tindakan, serta dalam kasusu yang kompleks dilakukan identifikasi satu pemimpin kasus
9.    Disiplin, tegas serta selalu melaksanakan aktivitas dari discharge planning
10.               Meninjau dan selalu memperbarui rencana untuk progress yang lebih baik
11.               Selalu memberikan informasi yang akurat terhadap semua yang terlibat.
Sedangkan beberapa prinsip pada pelaksanaan discharge planning menurut Nursalam (2011), yaitu:
1.    Pasien merupakan fokus dalam perencanaan pulang. Nilai keinginan dan kebutuhan dari pasien perlu dikaji dan dievaluasi.
2.    Kebutuhan dari pasien diidentifikasi. Kebutuhan ini dikaitkan dengan masalah yang mungkin timbul pada saat pasien pulang nanti, sehingga kemungkinan masalah yang mungkin timbul di rumah dapat segera diantisipasi.
3.    Perencanaa pulang dilakukan secara kolaboratif. Perencanaan pulang merupakan pelayanan multidisiplin dan setiap tim harus saling bekerja sama.
4.    Perencanaan pulang disesuaikan dengan sumber daya dan fasilitas yang ada. Tindakan atau rencana yang akan dilakukan setelah pulang disesuaikan dengan pengetahuan dari tenaga yang tersedia atau fasilitas yang tersedia di masyarakat.
5.    Perencanaan pulang dilakukan pada setiap sistem pelayanan kesehatan. Setiap pasien masuk tatanan pelayanan maka perencanaan pulang harus dilakukan.




2.5.            Jenis Discharge Planning
Chesca (1982) dalam Nursalam (2011) mengklasifikasikan jenis pemulangan pasien sebagai berikut:
1.        Conditioning discharge (pulang sementara atau cuti), keadaan pulang ini dilakukan apabila kondisi pasien baik dan tidak terdapat komplikasi. Pasien untuk sementara dirawat di rumah namun harus ada pengawasan dari pihak rumah sakit atau puskesmas terdekat.
2.        Absolute discharge (pulang mutlak atau selamanya), cara ini merupakan akhir dari hubungan pasien dengan rumah sakit. Namun apabila pasien perlu dirawat kembali, maka prosedur perawatan dapat dilakukan kembali.
3.        Judicial discharge (pulang paksa), kondisi ini pasien diperbolehkan pulang walaupun kondisi kesehatan tidak memungkinkan untuk pulang, tetapi pasien harus dipantau dengan melakukan kerja sama dengan perawat puskesmas terdekat.

2.6.            Komponen Discharge Planning
Ada beberapa komponen spesifik dari discharge planning yang harus didokumentasikan menurut Kowalski (2008), meliputi:
1.         Peralatan atau barang yang diperlukan dirumah; pastikan bahwa keluarga dapat memperoleh atau mengetahuinya dimana keluarga dapat mendapatkan segala peralatan atau barang yang dibutuhkan pasien
2.         Perkenalkan cara penggunaan peralatan atau barang yang diperlukan pasien, termasuk ajarkan dan demonstrasikan cara perawatan pasien kepada keluarga
3.         Untuk diet, sarankan pada ahli nutrisi untuk mengajarkan pasien dan keluarga agar memahami makanan yang seharusnya dikonsumsi maupun tidak.
4.         Obat-obatan selalu dipastikan selalu tersedia di rumah
5.         Untuk prosedur tertentu, seperti penggantian dresssing, dapat dilakukan dirumah. Pada kondisi awal, prosedur harus didampingi oleh perawat supervisi dan klien atau keluarga dapat mengikuti untuk mempraktekkan dibawah pengawasan perawat supervisi
6.         Pada setiap kunjungan, perawat selalu mendokumentasikan apakah pasien dan keluarga mendapatkan atau menyediakan obat atau alat yang dibutuhkan pasien dirumah
7.         Membuat janji untuk kunjungan rumah selanjutnya
8.         Ajarkan mengenai aktivitas yang dianjurkan dan boleh dilakukan serta yang tidak diperbolehkan
9.         Dokumentasikan setiap edukasi yang telah diajarkan pada pasien dan keluarga
Menurut CADPACC (1995) dalam Gielen (2015) ada beberapa komponen sebelum dilakukannya discharge planning, yaitu:
1.         Identifikasi dan kaji apa yang kebutuhan pasien yang harus dibantu pada discharge planning
2.         Kolaborasikan bersama pasien, keluarga dan tim kesehatan lainnya untuk memfasilitasi dilakukannya discharge planning
3.         Mengajarkan kepada pasien dan keluarga tentang strategi pencegahan agar tidak terjadi kekambuhan atau komplikasi
4.         Rekomendasikan beberapa pelayanan rawat jalan atau rehabilitasi pada pasien dengan penyakit kronis
5.         Komunikasi dan koordinasikan dengan tim kesehatan lainnya tentang langkah atau rencana dari discharge planning yang akan dilakukan.

2.7.            Tahapan Discharge Planning
1.    Tahap I : Saat pasien masuk mengenai pengkajian fisik psikososial, status fungsional, kebutuhan pendidikan kesehatan mengenai komdisi pasien serta pemahaman pasien dan keluarga dari disiplin klinis lainnya seperti fisoterapis atau ahli gizi
2.    Tahap II : Fase Diagnostik, yaitu kebutuhan pendidikan kesehatan mengenai kondisi pasien serta pelaksanaan, pemeriksaan diagnostik pasien itu.
3.    Tahap III : Fase Stabilisasi, yaitu saat kondisi pasien telah stabil dan sudah adanya perkiraan kapan pasien pulang dengan melakukan pendidikan kesehatan dan diskusi mengenai rencana ke depannya setelah pasien pulang.
4.    Tahap IV : Fase Recharge, yaitu saat pasien akan pulang dengan melakukan diskusi dengan keluarga pasien mengenai pengawasan pada pasien di luar rumah sakit.

2.8.            Mekanisme Discharge Planning
                        Discharge planning mencakup kebutuhan seluruh pasien, mulai dari fisik,  psikologis, sosial, budaya, dan ekonomi. Proses ini tiga fase, yaitu akut, transisional, dan pelayanan berkelanjutan. Pada fase akut, diutamakan upaya medis untuk segera melaksanakan discharge planning. Pada fase transisional, ditahap ini semua cangkupan pada fase akut dilaksankan tetapi urgensinya berkurang. Dan pada fase pelayanan berkelanjutan, pasien mampu untuk berpartisipasi dalam perencanaan dan pelaksanaan aktivitas perawatan berkelanjutan yang dibutuhkan setelah pemulangan. (Perry & Potter, 2005).
Perry dan Potter (2005), menyusun format discharge planning  sebagai berikut:
1.         Pengkajian
a.         Sejak pasien masuk kaji kebutuhkan discharge planning pasien, focus pada terhadap kesehatan  fisik, status fungsional, sistem pendukung sosial, finansial, nilai kesehatan, latar belakang budaya dan etnis, pendidikan, serta tintangam terhadap keperawatan.
b.         Kaji pasien dan keluarga terhadap pendidikan kesehatan berhubunga dengan kondisi yang akan diciptakan di rumah tempat tinggal pasien setelah keluar dari rumah sakit sehingga terhindar dari komplikasi
c.         Kaji cara pembelajaran yang disukai oleh pasien agar pendidikan kesehatan yang diberikan bermanfaat dan dapat ditangkap oleh pasien maupun keluarga. Tipe materi pendidikan yang berbeda – beda dapat mengefektifkan cara pembelajaran yang berbeda pada  pasien.
d.        Kaji bersama-sama dengan pasien dan keluarga terhadap setiap  faktor lingkungan di dalam rumah yang mungkin menghalangi dalam perawatan diri seperti ukuran ruangan, kebersihan jalan menuju pintu, lebar jalan, fasilitas kamar mandi, ketersediaan alat-alat yang berguna (seorang perawat perawatan di rumah dapat  dirujuk untuk membantu dalam pengkajian).
e.         Melakukan kolaborasi dengan tenaga kesehatan lain dalam mengkaji kebutuhan untuk rujukan pelayanan kesehatan rumah maupun fasilitas lain.
f.          Kaji persepsi pasien dan keluarga terhadap keberlanjutan  perawatan kesehatan di luar rumah sakit. Mencakup pengkajian  terhadap kemampuan keluarga untuk mengamati care giver dalam memberikan perawatan kepada pasien. Dalam hal ini sebelum  mengambil keputusan, mungkin perlu berbicara secara terpisah dengan pasien dan keluarga untuk mengetahui kekhawatiran yang sebenarnya atau keragu-raguan diantara keduanya.
g.         Kaji penerimaan pasien terhadap penyakit yang sedang diderita berhubungan dengan pembatasan.
h.         Konsultasikan tim pemberi layanan kesehatan yang lain tentang  kebutuhan setelah pemulangan (seperti ahli gizi, pekerja sosial, perawat klinik spesialis, perawat pemberi perawatan kesehatan di rumah). Tentukan kebutuhan rujukan pada waktu yang berbeda
2.         Diagnosa Keperawatan
Perry dan Potter (2005) adapun diagnosa keperawatan yang dapat ditegakkan antara lain:
a.         Kecemasan, hal ini dapat menginterupsi proses keluarga.
b.         Tekanan terhadap care giver, hal yang menyebabkannya adalah ketakutan.
c.         Kurang pengetahuan terhadap pembatasan perawatan di rumah, pasien mengalami defisit perawatan diri
d.        Stres sindrom akibat perpindahan, hal ini berhubungan dengan upaya meningkatkan  pertahanan/pemeliharaan di rumah.
3.         Perencanaan
Perry dan Potter (2005) hasil yang diharapkan jika seluruh prosedur telah dilaksanakan adalah sebagai berikut:
a.         Pasien atau keluarga sebagai caregiver mengerti akan keberlangsungan pelayanan kesehatan di rumah (atau fasilitas lain), penatalaksanaan atau pengobatan apa yang  dibutuhkan, dan .
b.         Pasien dan keluarga mampu mendemonstrasikan aktivitas perawatan diri.
c.         Rintangan kepada pergerakan pasien dan ambulasi telah diubah  dalam setting rumah.
4.         Penatalaksanaan
Perry dan Potter (2005) penatalaksanaan dapat dibedakan dalam dua bagian, yaitu  penatalaksanaan yang dilakukan sebelum hari pemulangan, dan  penatalaksanaan yang dilakukan pada hari pemulangan.
a.         Persiapan Sebelum Hari Pemulangan Pasien
1)        Menganjurkan cara untuk merubah keadaan rumah demi memenuhi kebutuhan pasien.
2)        Mempersiapkan pasien dan keluarga dengan memberikan informasi tentang sumber-sumber pelayanan kesehatan komunitas. Rujukan dapat dilakukan sekalipun pasien masih  di rumah.
3)        Setelah menentukan segala hambatan untuk belajar serta  kemauan untuk belajar, mengadakan sesi pengajaran dengan  pasien dan keluarga secepat mungkin selama dirawat di rumah  sakit. Pamflet, buku-buku, atau rekaman video dapat diberikan kepada pasien muapun sumber yang yang dapat diakses di internet.
4)        Komunikasikan respon pasien dan keluarga terhadap  penyuluhan dan usulan perencanaan pulang kepada anggota  tim kesehatan lain yang terlibat dalam perawatan pasien.
b.         Penatalaksanaan Pada Hari Pemulangan
Perry dan Potter (2005) berpendapat apabila beberapa aktivitas berikut ini dapat dilakukan sebelum  hari pemulangan, maka perencanaan yang dilakukan akan lebih efektif.  Adapun aktivitas yang dilakukan yaitu:
1)        Biarkan pasien dan keluarga bertanya dan diskusikan isu-isu yang berhubungan dengan perawatan di rumah. Kesempatan terakhir untuk mendemonstrasikan kemampuan juga  bermanfaat.
2)        Periksa instruksi pemulangan dokter, masukkan dalam terapi,  atau kebutuhan akan alat-alat medis yang khusus. (Instruksi harus dituliskan sedini mungkin). Persiapkan kebutuhan yang mungkin diperlukan pasien selama perjalanan pulang (seperti tempat tidur rumah sakit,  oksigen,  feeding pump).
3)        Pastikan pasien dan keluarga telah dipersiapkan dalam  kebutuhan transportasi menuju ke rumah.
4)        Tawarkan bantuan untuk memakaikan baju pasien dan semua barang milik pasien. Jaga privasi pasien  sesuai kebutuhan.
5)        Periksa seluruh ruangan dan laci untuk memastikan barang-barang pasien. Dapatkan daftar pertinggal barang-barang  berharga yang telah ditandatangani oleh pasien, dan  instruksikan penjaga atau administrator yang tersedia untuk  menyampaikan barang-barang berharga kepada pasien.
6)        Persiapkan pasien dengan prescription atau resep pengobatan  pasien sesuai dengan yang diinstruksikan oleh dokter.  Lakukan pemeriksaan terakhir untuk kebutuhan informasi atau  fasilitas pengobatan yang aman untuk administrasi diri.
7)        Berikan informasi tentang petunjuk untuk janji follow up ke  kantor dokter.
8)        Hubungi kantor agen bisnis untuk menentukan apakah pasien  membutuhkan daftar pengeluaran untuk kebutuhan  pembayaran. Anjurkan pasien dan keluarga mengunjungi  kantornya.
9)        Dapatkan kotak untuk memindahkan barang-barang pasien.  Kursi roda untuk pasien yang tidak mampu ke mobil  ambulans. Pasien yang pulang dengan menggunakan  ambulans diantarkan oleh usungan ambulans.
10)    Bantu pasien menuju kursi roda atau usungan dan gunakan  sikap tubuh dan teknik  pemindahan yang sopan. Dampingi pasien memasuki unit dimana transportasi yang dibutuhkan  sedang menunggu. Kunci roda dari kursi roda. Bantu pasien  pindahke mobil pribadi atau kendaraan untuk transportasi.  Bantu keluarga menempatkan barang-barang pribadi pasien ke  dalam kendaraan.
11)    Kembali ke bagian, dan laporkan waktu pemulangan kepada departemen pendaftaran/penerimaan. Ingatkan bagian kebersihan untuk membersihkan ruangan pasien.
5.         Evaluasi
a.         Minta pasien dan anggota keluarga menjelaskan tentang penyakit,  pengobatan yang dibutuhkan, tanda-tanda fisik atau gejala yang  harus dilaporkan kepada dokter.
b.         Minta pasien atau anggota keluarga mendemonstrasikan setiap  pengobatan yang akan dilanjutkan di rumah.
c.         Perawat yang melakukan perawatan rumah memperhatikan keadaan rumah, mengidentifikasi rintangan yang dapat  membahayakan bagi pasien, dan menganjurkan perbaikan

















2.9.            Alur Discharge Planning




















2.10.        Peran Perawat Dalam Discharge Planning
1.      Kepala Ruangan
a.    Membuka acara discharge planning
b.    Menyetujui  dan menandatangani format discharge planning
2.      Perawat Primer
a.       Membuat rencana discharge planning
b.      Membuat leafleat
c.       Memberikan konseling
d.      Memberikan pendidikan kesehatan
e.       Menyediakan format discharge planning
3.      Perawat Associate: merencanakan agenda discharge planning (pada saat perawatan dan diakhiri perawatan)
2.11.        Standart JCAHO Untuk Pasien Masuk dan Pulang
1.    Sebelum klien masuk ke rumah sakit
Identifikasi dan gunakan sumber informasi yang sedia tentang kebutuhan klien. berkomunikasi dengan tempat perwatan dan organisasi pelayanan lain.
2.    Saat klien masuk ke rumah sakit
Rumah sakit:
            Memberi pelayanan yang sesuai dengan misi, populasi yang dilayani, dan tempat pelayanan. Membuat perjanjian dengan organisasi dan tempat pelayanan lain untuk membantu klien masuk kerumah sakit. Klien mendapat rujukan dan transfer kebutuhannya berdasarkan intensitas, resiko, dan tingkat kemammpuan staf. jika perlu, jika perlu konsultan klinik dan pengaturan kontrak digunakan un'tuk melakukan rujukan dan pemindahan.
            Dirumah sakit
            Pelayanan diberikan secara berkesinambungan, dimulai dari pengkajian sampai tindakan pengobatan dan pengkajian tindakan pulang. Perawatan klien terkoordinasi sesama pelaksana.
Sebelum pulang
            Kebutuahn pengkajian perencanaan pulang dilakukan. Rumah sakit mempunyai cara untuk mengidentifikasi klien yang memerlukan perencanaan pulang. Pendidikan yang diberikan akan mempersiapkan klien untuk pulang kerumah.
            Pada saat pulang
Kilen langsung dirujuk ke praktisi, tempat pelayanan, dan organisasi pelayanan kesehatan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan yang berkesinambungan untuk klien. Penggunaan dan nilai keperawatan yang berkesinambungan untuk memenuhi kebutuahan klien, dikaji ulang. Rumah sakit meberi informasi atau data untuk membantu lembaga yang lain memenuhi kebutuhan perawat yang berkesinambungan untuk klien
BAB 3
PERENCANAAN KEGIATAN
3.1.            Pelaksanaan Kegiatan
Hari/ Tanggal               : Rabu, 09 Mei 2018
Pukul                           : 11:00 WIB
Pelaksana                     : Kepala Ruangan, Perawat Primer dan Perawat
   Associate
Topik                          : Aplikasi discharge planning
Tempat                        : Ruang Marwah 1 RSU Haji Surabaya  
Sasaran                        : Pasien kelas III di Ruang Marwah 1 RSU Haji                       Surabaya  

Pengorganisasian
Penanggung jawab                : Devita Ariyanti,S.Kep
Kepala ruangan                     :  Robiatul Adewiyah,S.Kep
Perawat Primer                     :  Yuli Febriyanti,S.Kep         
Perawat Associate                :  Kartono,S.Kep
Narator                                  : Hanif Fahmi,S.Kep
Pembimbing                          : Retno Sumara,S.Kep

Metode
Role play
3.2.            Media
1.      Lembar persetujuan dilakukan discharge planning
2.      Leaflet discharge planning




3.3.            Kerangka Kerja
Karu memberitahu PP adanya pasien yang perlu diberi discharge planning
 
Pra

 

PP menyiapkan:
1.                  Lembar persetujuan discharge planning
2.                  Leaflet discharge planning


 
Pelaksanaan



Pasien dan keluarga diberikan pendidikan melalui program discharge planning oleh PP dan PA
 
 



Terminasi
 
 


Evaluasi
 
Post












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsep Bencana